Recent Posts

@baca2yuk@baca2yuk@baca2yuk@baca2yuk@baca2yuk@baca2yuk

Jumat, 23 Maret 2012

Segalanya Saling Berkaitan

gettyimagesAda seorang petani yang selalu memenangkan pita biru setiap tahun pada pameran jagung di negaranya.
Suatu saat ada wartawan surat kabar yang mewawancarainya. Wartawan itu kemudian belajar sesuatu yang menarik tentang bagaimana petani itu bekerja. Ia menemukan bahwa petani ini berbagi bibit jagung dengan tetangganya.
Bagaimana bisa Anda berbagi benih jagung terbaik Anda dengan tetangga, padahal mereka juga menjadi saingan Anda setiap tahun?” wartawan itu bertanya.
Bagaimana?” kata petani itu.
Anda perlu tahu, angin membawa serbuk sari dari jagung yang bagus dan terus membawanya dari lapangan ke lapangan. Jika tetangga saya menanam jagung dengan kualitas lebih rendah, penyerbukan silang akan terus menurunkan kualitas jagung saya. Jika saya ingin menanam jagung dengan kualitas baik, saya harus membantu tetangga saya menanam jagung berkualitas baik juga.
Ia sangat menyadari keterkaitan kehidupan. Jagung-nya tidak akan berkualitas baik, kecuali jagung tetangganya juga berkualitas baik.
Begitu pula dengan hidup. Mereka yang memilih hidup dalam damai, harus membantu tetangga mereka untuk hidup dalam damai.
Mereka yang memilih untuk hidup dengan baik, harus membantu orang lain untuk hidup dengan baik.
Dan mereka yang memilih untuk bahagia harus membantu orang lain untuk menemukan kebahagiaan. Dari sinilah kesejahteraan masing-masing terikat dengan kesejahteraan semua.


http://zoom-indonesia.com/blog/component/k2/item/974-segalanya-saling-berkaitan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar